Selasa, 21 Maret 2017

5 PERMAINAN EDUKATIF DALAM BAHASA INGGRIS




Thematic Word Search Games

Games ini dinamakan Thematic Word Search Games karena ia telah di modifikasi dari yang aslinya menjadi games yang disesuaikan dengan tema. Peneliti melakukan modifikasi ini karena:
a. Thematic Word Search Games memberikan kesempatan kepada siswa untk menemukan sendiri dan oleh mereka sendiri makna kata secara terstruktur berdasarkan tema tertentu,
b. Thematic Word Search Games tidak hanya memberikan hiburan pada para siswa dalam pembelajaran namun juga memberikan pembelajaran vocabulary dalam konteks. Hal ini bisa dilihat dari prosedur yang harus di ikuti oleh siswa selama permainan berlangsung.

Thematic Word Search Games terdiri dari:
a. Word Search Game,
b. Kalimat yang rumpang dengan deskripsi sesuatu, dan
c. Yang terdiri dari sejumlah huruf dan insial kata.

            Ada beberapa langkah yang harus siswa lakukan dalam permainan ini, yaitu sebagai berikut:
a.       Bacalah kalimat-kalimat dan petunjuk
b.      Temukan kata dalam kotak dengan memberi garis mendatar, menurun atau menyilang.
c.       Tulislah kata pada tiap akhir petunjuk.
d.      Waktu dibatasi satu setengah menit utuk setiap nomor.
e.       Bagi siswa yang dapat menyelesaikan pekerjaannya sebelum waktu berakhir, diberikan penghargaan, peneliti memberinya tanda plus (+) pada lembar jawaban.
f.       Hasil kerja siswa di cek bila waktu sudah selesai.
g.      Setiap jawaban benar diberi skor 1 dan 0,5 untuk garis atau kata yang tepat.



Spelling Be

      Setiap gilirannya, kami akan bermain, Anda rekaman dari sebuah kata (dan menunjukkan definisi). Anda mencoba untuk menebak ejaan.
      Hanya jumlah tebakan pertama Anda terhadap skor Anda. Setelah itu, Anda dapat terus mencoba untuk mengeja kata dengan benar tanpa hukuman.
      Setelah menebak kedua, kita akan mulai untuk memberikan petunjuk.
      Setelah tiga tebakan yang salah, Anda dapat menekan tombol "I Surrender" tombol untuk mengungkapkan ejaan yang benar.
      Dalam Spelling Bee Turnamen, kata-kata yang lebih Anda mendapatkan hak, semakin keras kata-kata mendapatkan (dan semakin Anda mendapatkan salah, semakin mudah mereka mendapatkan). Dalam Spelling Bee Masyarakat, kata-kata disajikan dalam urutan acak.
      Dalam Spelling Bee Tournament, skor berada pada skala 200 hingga 800. Skor Anda (dan peringkat) akan update setelah setiap lima kata Anda menyelesaikan. Dalam Spelling Bee Community, skor Anda didasarkan pada persentase kata-kata Anda mengeja dengan benar.
Tidak ada kecurangan (silahkan)

Cara memainkan Spelling Bee:
a.       Spelling Bee dilaksanakan paling tidak dalam 3 babak.
b.      Babak pertama sebagai babak penyisihan, semi final dan terakhir adalah babak final.
c.       Pada babak penyisihan, peserta akan diberi 2 kata untuk dieja.
d.      Setiap ejaan yang benar akan mendapat nilai dua, ejaan yang salah skor 1.
e.       Siswa yang mendapat di atas nilai delapan masuk ke semi final.
f.       Pada babak semi final, siswa akan diberi 2 kata lagi.
g.      Sama seperti babak penyisihan, setiap kata yang benar akan mendapat nilai dua, tapi jika salah akan diberikan kepada peserta yang lain dengan sistim rebutan.
h.      3 peserta dengan nilai tertinggi akan masuk ke babak final.
i.        Di babak final peserta akan berkompetisi dengan cepat tepat.
j.        Siapa yang memberi tanda duluan akan mempunyai kesempatan untuk mengeja kata.
k.      Jika benar skor 2, jika salah skor 0. Peserta dengan jumlah skor tertinggi adalah pemenangnya.



      Kosa kata / vocabulary yang kita kuasai sangat mempengaruhi kemampuan kita mempraktekkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam hal mendengar / listening.
      Berikut ini beberapa cara yang sifatnya ringan dan bisa dianggap permainan yang bisa anda praktekkan di kala senggang.

1. Mencari kata yang berhubungan.
  • Buatlah sebuah lingkaran dengan satu kata di dalamnya misalnya "WATER"
  • Buat anak panah di sekeliling lingkaran, misalnya 4 anak panah.
  • Cari 4 kata yang berhubungan dengan water, misal anda menemukan kata Glass, river, sea, dan drink.
  • Dari 4 kata tersebut pilih satu kata, misal anda pilih river, taruh dalam lingkaran dan buat 4 anak panah lagi, cari 4 kata yang berhubungan dengan river. Demikian seterusnya sehingga anda menghasilkan banyak lingkaran. Dan hitung jumlahnya.
  • Anda bisa juga menggunakan kamus apabila anda belum mendapatkan kata yang dicari.
2. Mencari kata yang berhubungan dalam 5 detik.
  • Latihan ini bisa dikerjakan berkelompok atau sendiri juga bisa.
  • Misal ada 3 orang, orang pertama mengatakan SKY, orang kedua harus dengan cepat mencari kata yang berhubungan dalam 5 detik, misal dilanjutkan dengan BLUE, orang ketiga melanjutkan dengan Color, kembali ke orang pertama dengan kata RAINBOW, dst
3. Membuat cerita secara bergantian.
·         Latihan ini sebaiknya dikerjakan berkelompok.
·         Misal 3 orang mengikuti permainan ini.
·         Mungkin akan tersusun kalimat-kalimat sebagia berikut :
a.       P1 : I bought a bag in the shop yesterday.
b.      P2 : The shop is near the cinema.
c.       P3 : The bag is black.
d.      P1 : It is expensive.
e.       P2 : But I like the shape, it's lovely.
f.       P3 : After that I bought a blanket for my baby.
g.      Etc


Ingat latihan ini bukan tanya jawab , tetapi merupakan latihan membuat kalimat yang saling berhubungan dan di akhir latihan anda bisa membaca bersama-sama cerita yang terbentuk.

Selamat berlatih


HANGAROO

HHHHeeeellppp meee!!!….teriak seekor kanguru yang terjebak dalam mesin perangkap kata-kata. Satu-satunya cara keluar dari perangkap itu adalah dengan menebak dengan benar kata- kata yang diinginkan oleh perangkap. Sayangnya perangkap hanya memberikan sedikit clue tentang kata-kata itu. Ayo kita selamatkan kanguru dengan menebak dengan benar kata-katanya. Jika 4 kali salah memasukkan huruf…..O,ow…. kanguru akan tergantung dalam perangkap itu, hmmmm kejaaamm.

Yaph itulah yang akan terjadi dalam game Hangarroo, game ini merupakan game edukasi yang memberikan education berupa wawasan umum, baik itu acara televisi, pemerintahan, music, selebriti, sejarah dst dengan membuatnya sebagai teka-teki kata. Jika kita memainkan game ini kita akan merasa bersalah jika kita tidak berhasil menebak kata-kata yang benar sehingga kita akan mencoba terus dan tanpa kita sadari kita akan mendapatkan banyak wawasan. Siapapun dapat dengan mudah memepelajari cara bermain game ini dan tidak ada aturan-aturan permainan yang rumit. Game ini juga baik untuk anak-anak untuk menambah wawasan mereka.

Menegenai Hangaroo sendiri, game ini cukup sederhana dan menarik dari segi ide, seperti yang telah saya sebutkan di atas, jika kita gagal menebak kata-kata yang diinginkan maka kanguru akan terperangkap dalam perangkap itu sehingga kita akan merasa bersalah dan mengulangi memainkan round selanjutnya. Tidak seperti tebak kata biasa, kanguru yang terperangkap terus menyemangati kita untuk menebak kata-kata yang benar, yang tentu saja membuat kita semakin semangat untuk menebak kata-katanya. Kata-kata kanguru yang lucu membuat game tebak kata ini tidak boring. Secara umum game ini menyenangkan dan bermanfaat untuk menambah wawasan kita. Namun wawasan yang akan kita dapatkan merupakan wawasan umum dari negara pembuat game,yaitu Amerika, jadi jangan harap ada clue “nama presiden RI ke 5?” hehehe karena memang bukan orang Indonesia yang membuat game ini.





SCRABBLE


      SCRABBLE mungkin adalah satu-satunya permainan yang sangat terbuka terhadap kontroversi. Kontroversi bisa timbul seputar standarisasi dalam pemberian poin, kata-kata yang bisa digunakan, ketentuan dalam merangkai kata, dan soal berapa lama seorang pemain diberi waktu berpikir sebelum merangkai kata (atau kata-kata).

      Misalnya, soal pembuatan kata pertama dalam permainan Scrabble berbahasa Inggris. Ada yang mengatakan kata pertama harus terdiri dari sekurangnya dua huruf. Ada pula yang mengatakan kata pertama boleh saja terdiri dari satu huruf (misalnya “A” atau “I”).


      Di bawah ini adalah aturan permainan Scrabble selengkapnya yang saya ambil dari salah satu situs luar negeri:
a.       Scrabble bisa dimainkan oleh dua sampai empat orang pemain. 
b.      Tujuan bermain Scrabble adalah untuk mencetak poin lebih banyak dari lawan. 
c.       Seorang pemain mengumpulkan poin dengan menempatkan kata-kata di papan permainan. 
d.      Setiap huruf memiliki nilai yang berbeda, sehingga strategi permainan ini adalah memainkan kata-kata dengan kombinasi huruf yang mempunyai nilai yang tinggi. 

Papan Scrabble 

      Sebuah papan permainan Scrabble terbuat dari sel-sel di atas kotak persegi. Lebar papan Scrabble terdiri dari 15 sel, dan tingginya juga 15 sel, sehingga keseluruhan selnya berjumlah 225. Ubin Scrabble dipasang dalam sel-sel ini, masing-masing satu ubin untuk satu sel. 

Ubin Scrabble 

      Scrabble dimainkan dengan 100 ubin. 98 dari ubin-ubin ini terdapat huruf pada salah satu sisinya, dan ada 2 ubin kosong. Ubin kosong berfungsi sebagai wildcard (joker) untuk membantu mempermudah pembentukan kata. Ubin kosong ini bisa digunakan sebagai huruf apa saja.  
Nilai Huruf

Berikut adalah nilai untuk masing-masing huruf dalam Scrabble. 

  Poin -  Ubin kosong.
1
   Poin -  A, E, I, L, N, O, R, S, T dan U.
2  
  Poin -  D dan G.
3  
  Poin -  B, C, M dan P.
4  
  Poin -  F, H, V, W dan Y.
5  
  Poin -  K.
8  
  Poin -  J dan X.
10  Poin -
 Q dan Z. 

Poin Ekstra                           

Beberapa kotak (sel) pada papan Scrabble mempunyai nilai kelipatan. Jika ubin ditempatkan di kotak ini, maka nilai huruf pada ubin tersebut dikalikan dengan sebuah faktor, 2x atau 3x. Beberapa kotak tertentu berfungsi sebagai pengganda nilai kata secara keseuruhan, bukan hanya huruf.

Skor Huruf Dobel (x2)—sel berwarna biru muda yang tempatnya agak terpencil.  Jika ubin ditempatkan di kotak ini, maka nilai huruf pada ubin tersebut dikalikan dengan dua.
Skor Huruf Triple (x3)—sel berwarna biru tua. Ubin yang ditempatkan pada kotak ini, nilai hurufnya dikalikan dengan 3.
Skor Kata Dobel—sel berwarna merah muda yang terdapat pada posisi diagonal dari keempat sudut papan. Jika salah satu huruf menyentuh kotak ini, maka nilai keseluruhan kata dikalikan dengan 2.
Skor Kata Tripel—sel berwarna merah tua. Sel berwarna merah tua ini terdapat pada keempat sisi papan dengan jarak yang sama dari masing-masing sudut papan. Bila kata yang dibuat menyentuh salah satu kotak berwarna merah tua ini, maka poin untuk kata tersebut dikalikan dengan 3.
Hanya Berlaku Satu Kali—poin ekstra ini hanya berlaku satu kali. Jika seorang pemain berikutnya menggunakan kotak-kotak tersebut pula, maka nilainya tidak lagi digandakan.

Memulai Permainan 

      Masing-masing pemain mengambil sebanyak tujuh huruf dari dalam kantung, dan menempatkannya pada rak masing-masing. Selama permainan berlangsung, masing-masing pemain mempunyai tiga pilihan: membuat kata, mengatakan “pass”, atau menukar huruf. Namun biasanya kebanyakan pemain memilih membuat kata.

      Masing-masing pemain bisa menukar ubin yang ada padanya, sebagian atau seluruhnya. Jika seorang pemain menggunakan kesempatannya untuk menukar ubin, maka dia tidak berhak membuat kata.

      Seorang pemain bisa mengatakan “pass” ketika gilirannya. Jika semua pemain mengatakan “pass” dua kali berturut-turut, maka permainan berakhir. 

Skor Kata Pertama

      Seorang pemain memulai permainan dengan membuat sebuah kata yang salah satu hurufnya menyentuh kotak bertanda bintang yang terdapat di tengah-tengah papan. Tanda bintang ini sekaligus bertindak sebagai pembuat skor kata dobel (x2). Namun bagi pemain berikutnya, yang juga menggunakan tanda bintang tersebut, skor ini tidak berlaku lagi.

Selanjutnya, giliran pemain berputar searah jarumjam.

Mengganti Ubin

      Ubin yang sudah dipasang untuk membuat kata, kemudian diganti dengan ubin yang baru, dari dalam kantung, dengan jumlah yang sama dengan ubin yang dipasang, sehingga jumlah ubin di tangan pemain tetap 7. Ketika mengambil ubin, sang pemain tidak boleh melihat ubin yang akan dia ambil. Ubin biasanya ditempatkan di atas mata para pemain, sehingga para pemain disuruh merogoh ke dalam kantung dengan tanpa melihat apa yang dia ambil. 

Lima puluh Bonus Poin

      Jika seorang pemain berhasil merangkai semua tujuh ubin yang dia punya menjadi sebuah kata, maka sang pemain diberi bonus poin sebesar 50. namun, pada akhir permainan, pemain yang berhasil merangkai semua ubin yang ada di tangannya menjadi sebuah kata, tetapi jumlahnya kurang dari tujuh ubin, sang pemain tidak diberi bonus 50.

Permainan Berakhir

      Ketika semua ubin di dalam kantung telah habis dimainkan, dan salah satu pemain telah menghabiskan semua ubin yang ada di tangannya, maka permainan berakhir.

Penghitungan Skor

      Setelah permainan telah berakhir, masing-masing pemain menghitung poin dari ubin yang tersisa di tangannya. Kemudian jumlah skor total yang diperoleh sang pemain dikurangi dengan jumlah poin dari ubin yang tersisa di tangannya.

      Pemain yang berhasil menghabiskan seluruh ubin yang ada di tangannya diberi bonus. Jumlah poin dari ubin yang tersisa di tangan para pemain ditambahkan, kemudian diberikan (ditambahkan) kepada pemain yang berhasil menghabiskan seluruh ubin di tangannya tersebut.   

Pemain yang mempunyai skor akhir paling tinggi ditetapkan sebagai pemenang.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar